H,SUARDI BERHARAP DI USUN PKS

H,SUARDI BERHARAP DI USUN PKS

Kamis, 02 Mei 2024


H. Suwardi Haseng, S.E., kembalikan berkas pendaftaran ke PKS, berharap diusung jadi Calon Bupati Soppeng pada Pilkada Serentak 2024 bersama parpol koalisi, di Sekretariat Parpol tersebut di Pondok Singgah Sawah Timusu, Rabu, 2 Mei 2024.



Soppeng INPOS  Tahapan Pilkada Serentak 2024 sedang berjalan. Juga sudah diketahui Partai Politik apa saja yang bisa mengusung Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah berdasarkan perolehan kursi DPRD hasil Pemilu 2024.


Parpol yang berhasil lolos masuk Parlemen Soppeng Masa Bakti 2024-2029 hasil Pemilu 2024 yakni :


30 kursi DPRD Kabupaten Soppeng diperoleh Partai Golkar 11 kursi, PDI Perjuangan 6, Partai NasDem 4, Partai Demokrat 4, Partai Gerindra 3, PPP 1 dan PKS 1 kursi.


Sesuai regulasi Pilkada Serentak 2024 ini, Parpol atau Gabungan Parpol hanya bisa mengusung Paslon jika memperoleh kursi 20 % atau 6 kursi dari 30 kursi DPRD Kabupaten Soppeng.


Dalam tahapan rekruitmen Bakal Paslon, warga yang memenuhi syarat dan berkeinginan maju berkontestasi di Pilkada ini, Parpol yang berpeluang mengusung Paslon sudah membuka pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah.


Diketahui kalau Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2024 ini akan digelar pada Rabu, 27 November 2024.


Salah satu putra Soppeng yang kini Anggota DPRD Sulsel Fraksi Partai Golkar H. Suwardi Haseng, S.E., mendaftar di DPD PKS Soppeng, pada Rabu, 1 Mei 2024 di Sekretariat Parpol tersebut di Kafe Pondok Singgah Sawah Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.


Kedatangan Aji Suwa, sapaan akrab H. Suwardi Haseng bersama timnya di Sekretariat Parpol tersebut disambut hangat Ketua PKS Soppeng Arisman, S.H., didampingi Sekretarisnya, Jufri, bersama sejumlah Pengurus PKS lainnya dan beberapa Mantan Caleg Soppeng dari PKS pada Pemilu 2024 lalu.


Ketua PKS Soppeng Arisman mengatakan, Aji Suwa sudah dikenal luas di berbagai kalangan di Soppeng. Selain pengusaha muda yang sukses, ia juga kader Golkar yang kini duduk di Parlemen Sulsel, sebelumnya beberapa periode duduk di Parlemen Soppeng.


Diakui Arisman kalau H. Suwardi Haseng sudah saling kenal dengan dirinya, apalagi pernah sama-sama legislator Soppeng Periode 2014-2019.


Disampaikan juga mekanisme PKS dalam mengusung paslon di pilkada ini, DPD Kabupaten/Kota menyerahkan daftar nama pendaftar ke DPD Provinsi dan seterusnya, selanjutnya akan terbit rekomendasi DPP untuk diusung DPD PKS bersama parpol koalisi.


Sehingga, lanjut Arisman, imposible dapat diusung jika tak mendaftar di DPD Kabupaten.


H. Suwardi Haseng menyampaikan banyak terima kasih kepada PKS atas diberikannya peluang untuk maju berkontestasi pada Pilkada Serentak 2024 ini. Mudah-mudahan akan berlanjut sampai seluruh mekanisme internal PKS dapat dilalui dengan baik. Sehingga kita akan berjuang secara bersama-sama dengan parpol koalisi.


Aji Suwa juga mengakui kalau dirinya sudah kenal baik dengan Ketua PKS Soppeng dan banyak pengurus DPD PKS lainnya.


Hingga kini, sudah 2 orang yang telah mengembalikan formulir pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng di PKS untuk Pilkada Serentak 2024, Lutfi Halide dan Suwardi Haseng


Sekadar diketahui, hasil pantauan media ini, beberapa nama banyak di sebut-sebut akan maju jadi calon Bupati termasuk jadi calon wakil Bupati.


Di antaranya, H. Suwardi Haseng, H. Saharuddin Adam, Lutfi Halide, A. Mapparemma, Samsu Niang dan Selle KS Dalle. (Ws)