Menjelang Ramadhan 2024: Potensi Perbedaan Tanggal dan Persiapan Umat Muslim

Menjelang Ramadhan 2024: Potensi Perbedaan Tanggal dan Persiapan Umat Muslim

Kamis, 07 Maret 2024


Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah semakin dekat, dan umat muslim di Indonesia bersiap menyambutnya. Namun, terdapat potensi perbedaan penetapan awal puasa di tahun ini.

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada 11 Maret 2024 berdasarkan perhitungan hisab. Sementara itu, pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) diperkirakan akan mengumumkan awal puasa pada 10 Maret 2024 setelah sidang isbat.

Perbedaan ini bisa terjadi karena penggunaan kriteria hilal yang berbeda. Muhammadiyah menggunakan kriteria hilal yang lebih rendah dibandingkan kriteria yang digunakan oleh pemerintah dan NU, yang mengacu pada kriteria Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MABIMS).

Selain itu, perbedaan letak geografis antara Indonesia dan Arab Saudi juga bisa memicu perbedaan awal puasa. Astronomer asal Maroko memprediksi bahwa muslim di Arab Saudi akan mulai berpuasa pada 11 Maret 2024, sama seperti penetapan Muhammadiyah.

Meskipun mungkin ada perbedaan tanggal, marilah kita sebagai umat Islam untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi. Fokus utama adalah memaknai dan menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya.

Berikut Jadwal Puasa dan Imsyakiyah untuk wilayah Kabupaten Soppeng dan sekitarnya :


Mari kita semua menyambut Ramadhan dengan penuh semangat dan sukacita, menjalankan ibadah dengan ikhlas, dan mempererat tali silaturahmi antar sesama.